Tuesday, March 29, 2011

Menguji Ketangguhan LG Optimus 2X


Tak dipungkiri lagi jika hal yang paling istimewa di LG Optimus 2X adalah penggunakan prosesor dual core dan GPU Nvidia Tegra 2. Lalu seperti apa performa ponsel tersebut?

Usai melihat-lihat bagian luar dan fitur kamera yang ada di LG Optimus 2X, kini saatnya menguji performa yang ditawarkan ponsel ini.

Dua 'Otak' Dalam Satu Ponsel


Menggunakan dual core pada ponsel memang salah satu langkah revolusioner yang diambil LG. Tidak sia-sia, Optimus 2X pun berhasil menunjukan kemampuannya ketika dihadapkan dengan beragam aplikasi berat.

Untuk menguji performanya menggunakan aplikasi benchmark Quadrant yang bisa didapat pada Android Market. Hasilnya? Ponsel ini mampu menorehkan angka sebesar 2501. Nilai terbesar bagi ponsel Android yang saat ini beredar.


Selain prosesor yang bertenaga, LG Optimus 2X juga dibekali dengan aklerasi 3D Tegra 2. Chip ini memang terbukti tangguh ketika digunakan untuk memutar video berukuran 190X1080 pixel. Tidak hanya video, tapi game sejenis GunBros atau Backbreaker juga bisa dimainkan tanpa masalah.

Oh ya, Nvidia juga menyediakan beberapa game Android khusus bagi Tegra 2 yang bisa diakses melalui Nvidia TegraZone. Di dalamnya ada beberapa judul seperti Samurai II, Galaxy on Fire II dan beberapa judul lainnya.

Perpaduan antara prosesor dualcore dengan Nvidia Tegra 2 pun tak melulu bermanfaatkan untuk memainkan game atau aplikasi 3D lainnya, ada kalanya akan bermanfaat sekali ketika mengunjungi situs yang memiliki konten flash.

Ketika dijajal untuk mengunjungi halaman detikcom versi desktop, ponsel ini tampaknya tidak sedikit pun kewalahan. Bahkan video dalam detiktv pun bisa diputar tanpa kendala. 

Kualitas Layar dan Daya Tahan Baterai

LG Optimus 2X memiliki layar berukuran 4 inchi dengan resolusi 480X800 pixel yang sangat responsif. Setiap sentuhan direspon dengan cepat dan tiap aplikasi dapat cepat diakses hanya dengan sebuah sentuhan. Bukan hanya itu, ketika diuji dengan aplikasi Multitouch Tester ponsel ini menunjukan kemampuannya mengenali 10 titik sekaligus. Wow!


Kualitas gambar yang dihadirkan melalui layarnya juga terlihat sangat tajam. Contrast-rasio sangat baik, sehingga bisa mengenali warna secara presisi. Bahkan di bawah terik matahari pun pengguna bisa dengan mudah membaca pesan dalam ponsel ini. Selain itu display pada Optimus 2X juga tahan goresan kecil.

Salah satu hal yang paling sering dipertanyakan dari LG Optimus 2X adalah, seberapa lama daya tahan baterainya? Nah, ternyata setelah dijajal dalam keadaan Wi-Fi selalu ON, ponsel ini sanggup bertahan hingga 13 jam. Meski tak dipungkiri jika daya tahan tersebut tergantung gaya pemakaian penggunanya.

LG Oprimus 2X, rencananya bakal beredar di Indonesia mulai April 2011, dengan perkiraan harga sekitar Rp 5 jutaan. Dengan fitur dan spesifikasi yang ada, tampaknya ponsel ini siap bersaing dengan produk sejenis yang telah lebih dahulu beredar. Sayangnya, meski mengusung spesifikasi papan atas namun masih menggunakan Android 2.2 alias Froyo.

Kelebihan:
+ Performa sangar
+ Hasil foto/video baik
+ Layar cemerlang

Kekurangan:
- Tidak ada tombol kamera
- Belum Gingerbread

Spesifikasi LG Optimus 2X

  • Dimensi : 123,9 x 63,2 x 10,9 mm
  • Berat : 139 gram
  • Prosesor: Dual-core 1GHz ARM Cortex-A9 dan GeForce GPU Tegra 2 chipset
  • Sistem Operasi : Android 2.2.2 (Froyo)
  • Jaringan : GSM (850/900/1800/1900 MHz), HSDPA 900 / 2100
  • Layar : TFT kapasitif touchscreen 4", 16 juta warna 480X800 pixel
  • Memori Internal : 8 GB, RAM 512MB
  • Koneksi : Bluetooth, kabel data micro USB
  • Messaging : SMS, MMS, Email, instant messaging
  • Kamera : 8 MP 3264x2448 pixels, autofocus, LED flash Video 1920X1080 @24fps
  • Baterai : Litihum Ion 1500 mAh
  • Fitur tambahan: HDMI port, Flash 10.2, Digital compass, DivX/Xvid/MP4/H.264/H.263/WMV player

No comments:

Post a Comment

LinkWithin

 
coompax-digital magazine