Thursday, March 17, 2011

KSAU Resmikan Warna Baru Pesawat JAT

17 Maret 2011
Para "Jupiter" berbaris disamping LD 0111 (all photos : ard2fly-kaskus militer)

Yogyakarta, Kepala Staf Angkatan Udara Marsekal TNI Imam Sufaat meresmikan warna baru pesawat latih milik Jupiter Aerobatik Team di Pangkalan Udara Adisutjipto Yogyakarta, Rabu.

"Pesawat KT-1B Woong Bee buatan Korea Selatan (Korsel) pada 2003 itu diubah warnanya dari abu-abu menjadi merah putih. Warna merah putih dipilih mengacu pada bendera Republik Indonesia," kata Imam Sufaat.

Menurut dia, Jupiter Aerobatik Team (JAT) diharapkan tidak hanya tampil pada upacara Hari Ulang Tahun (HUT) TNI AU, tetapi juga pada acara-acara lain di semua tingkatan, sebagai wujud kebanggaan terhadap Angkatan Udara.


"Untuk menerbangkan pesawat latih beraerobatik itu tidak sembarang pilot, karena ada hal-hal khusus yang harus dimiliki, termasuk kekuatan motorik dan keahlian. Oleh karena itu, kita harus bangga," katanya.

Ia mengatakan proses perubahan warna pesawat latih milik JAT menjadi merah-putih dilakukan sejak Pebruari 2011. Selain pengecatan, juga dilakukan pemasangan "smoke trail" dengan proses yang panjang.

"JAT merupakan salah satu tim aerobatik milik TNI AU dalam skuadron khusus yang terbentuk pada 1996. Pada awalnya hanya menggunakan empat pesawat model Hawk MK-53," katanya.


Menurut dia, JAT sempat berhenti beraktivitas pada 2002, dan mulai muncul kembali ke permukaan pada 2008 dengan pesawat latih KT-1B Woong Bee buatan Korsel yang berjumlah delapan pesawat.

"JAT juga merupakan satu-satunya tim aerobatik di Indonesia yang menggunakan pesawat `propeller` (baling-baling di luar pesawat)," katanya.

Dalam peresmian warna baru itu, enam pesawat latih milik JAT memperagakan berbagai manuver, di antaranya manuver "speedloop", "heart", "reflight", dan "tango diamond".

No comments:

Post a Comment

LinkWithin

 
coompax-digital magazine