Tuesday, March 29, 2011

Awas, Nyeri Pada Ibu Jari Karena BlackBerry


Apakah belakangan ini sering merasakan nyeri pada ibu jari? Jika ya, mungkin saja Anda terkena penyakit baru yang sedang banyak dialami yaitu, 'BlackBerry Thumb'.

Apakah yang dimaksud dengan penyakit 'BlackBerry Thumb' tersebut? Seperti yang dikutip dari Times of India, merupakan nama yang diberikan untuk cidera regangan berulang yang disebabkan oleh pemakaian ponsel berlebihan ketika mengirim email, chat atau sms.

"Blackberry atau PDA bisa menyebabkan tendonitis (peradangan atau iritasi dan pembengkakan pada tendon di bahu) akibat ibu jari mengetik di atas keypad yang kecil. Masalahnya adalah orang melakukan aktivitas yang sama untuk periode lama padahal tubuh tidak diciptakan untuk melakukan hal seperti itu. Penyakit ini baru bisa dirasakan setelah penggunaan smartphone jangka panjang," ujar Kristen Crowe, seorang terapis, seperti yang dikutip dari usnews.

Margot Miller, presiden dari American Physical Therapy Association's Occupational Health Special Interest Group menambahkan, "Karena keypad smartphone sangat kecil dan ibu jari merupakan jari yang yang paling cekatan lalu ditambah dengan kebiasaan mengirim pesan. Maka itulah yang menyebabkan cidera."

Gejala 'BlackBerry Thumb' biasanya adalah rasa sakit atau mati rasa pada ibu jari dan sendi tangan. Kristen Crowe menyarankan agar memberikan waktu beristirahat beberapa waktu dari Blackberry atau PDA Anda.

"Jika Anda mulai merasakan sakit, istirahatkanlah ibu jari Anda. Jangan mencoba untuk tetap bekerja dengan jari Anda jika memang terasa sakit dan berpikir bahwa sakit tersebut aka segera hilang. Tidak ada salahnya ambil waktu liburan," jelas Crowe.

Sementara itu, Dr Charles Leinberry Jr, seorang spesialis tangan dan pergelangan tangan di Rothman Institute di Thomas Jefferson University Hospital menyerankan hal lain. Ia merekomendasikan lebih untuk lebih banyak menggunakan komputer atau buku agenda.

"Cobalah lebih banyak menggunakan komputer. Jangan menulis agenda pada PDA Anda."

No comments:

Post a Comment

LinkWithin

 
coompax-digital magazine