Tuesday, February 15, 2011

Qualcomm Ungkap Prosesor Ponsel Quad Core


Tren prosesor dua otak alias dual core mulai banyak menghinggapi smartphone masa kini. Namun pesatnya perkembangan teknologi menjanjikan prosesor quad core bakal datang tidak lama lagi.

Vendor Qualcomm baru saja memamerkan chipset Snapdragon quad core, yang diharapkan mulai dipakai pada smartphone di tahun 2012. Prosesor APQ8064 ini memakai kode mikro arsitektur baru bernama Krait, yang khusus dibuat untuk perangkat mobile.

Seperti dilansir Cnet, Selasa (15/2/2011), Qualcomm sesumbar bahwa kecepatan prosesor generasi baru ini sampai 2,5 GHz per core. Di sisi lain, konsumsi daya diklaim dapat diturunkan secara signifikan.

APQ8064 bakal menunjang performa perangkat dengan layar besar dan beresolusi tinggi, sistem operasi yang lebih kompleks, game HD sampai audio multi channel. Bahkan diklaim chipset ini bisa mendukung kamera beresolusi sampai 20 megapixel.

Selain memperkenalkan prosesor quad core, Qualcomm juga menyajikan chipset baru single-core MSM8930, dan dual-core MSM8960. Semuanya digadang-gadang menghadirkan performa lebih menggila pada gadget masa depan.

"Sama seperti Snapdragon original telah merevolusi smartphone dengan prosesor 1GHz pertama, generasi baru Snapdragon ini bakal merevolusi gelombang berikutnya dalam bidang hiburan mobile dan komputasi," demikian gembar gembor Qualcomm.

Sumbeer: ( fyk / fyk )

No comments:

Post a Comment

LinkWithin

 
coompax-digital magazine